Translate

Selasa, 01 Mei 2018

Tips Mudah Beladiri

Beladiri digunakan untuk melindungi diri kita dari tindakan kejahatan yang menyerang diri kita bukan digunakan untuk berkelahi adu bakat maupun kekuatan. Berikut bebrapa tips melakukan beladiri dengan muda saat terjadi menerima serangan kejahatan.


1. Fokuskan Pandangan Pada Bahu Lawan

Pandangan harus bisa melihat seluruh tubuh lawan dengan bahu sebagai titik fokusnya (meskipun tetap jangan terfokus 100% pada bahu). Saat lawan akan menyerang, biasanya bahu akan bergerak duluan sehingga bermanfaat untuk menebak serangan lawan. Kita tidak akan bisa mengawasi kaki jika terfokus hanya pada tangan, begitupun sebaliknya. Seluruh gerakan lawan harus dapat terlihat. Teknik ini bisa kita latih, bahkan jika lawan berjumlah lebih dari satu orang.


2. Serangan Bagian Bawah

Bagian lutut dan kemaluan, gunakan tendangan hanya untuk menyerang dua titik ini saja. Dijamin lawan kita akan terduduk lemas dan kesulitan untuk berdiri jika terkena serangan pada dua titik tersebut. Jangan gunakan tendangan terlalu tinggi karena lawan akan mudah menangkisnya. Begitu juga jika lawan menyerang dengan tendangan tinggi, tangkislah dengan tangan sambil menendang bagian kemaluan atau kakinya yang sedang berpijak di atas tanah, pasti ia akan terjerembab. Jangan takut pada lawan yang suka menendang. Jika ia mengumbar tendangan, dekati sedikit dan benturkan tulang keringnya dengan otot lengan atau siku Anda. Kemungkinan besar, dialah yang akan mengerang kesakitan. 


3. Pertimbangkan Jarak Kita dengan Lawan

Tidak bijaksana untuk memaksakan pukulan dan tendangan jika jarak kita dengan lawan cukup rapat. Kerapatan jarak juga bermanfaat untuk mengendurkan tenaga dari serangan lawan karena pendeknya ayunan tinju dan tendangan. Pada jarak ini merupakan kesempatan kita untuk menyerang dengan siku dan lutut. Agak jauh sedikit boleh kita gunakan pukulan, sedang jarak yang lebih jauh lagi mengharuskan kita menggunakan teknik tendangan. Sesuaikan serangan dengan jarak kita dengan lawan.


Demikian tips beladiri praktis yang bisa kita lakukan saat terpaksa harus berkelahi dengan preman atau pelaku kejahatan. Ingatlah untuk tidak berharap akan terjadi kondisi ideal. Kitalah yang harus dapat menyesuaikan diri dengan situasi, bukan situasi yang menyesuaikan diri dengan kita. Lakukan apa yang kita anggap perlu untuk menyelamatkan diri. Berlari atau meminta pertolongan lebih baik untuk menghindarkan diri dari perkelahian.

Tips di atas dikutip dari http://www.belonomi.com


Lets visit our situs www.shelter.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar