Translate

Selasa, 23 Agustus 2016

Tips Kemanan Akun Email



   Email adalah sesuatu yang sangat crucial di zaman sekarang ini. Email adalah identitas, keamanan, keselamatan, dan jaminan diri buat masa depan. Lebay? Silahkan, tapi memang begitu kenyataannya. Saya akan memberikan beberapa tips sederhana untuk menjaga keamanan akun email Anda, terlepas apakah itu Anda gunakan hanya sekedar untuk login ke jejaring sosial atau memang Anda gunakan untuk pekerjaan.



 1. Jangan Pernah Minta Dibuatkan Akun Email

Saya tidak pernah bosan-bosannya mengatakan ini kepada setiap orang yang saya temui, terutama orang pemalas. Layanan email yang gratis seperti Gmail dan Yahoo! memiliki menu pengantar berbahasa Indonesia, jadi saya rasa bukan alasan untuk orang-orang yang ingin membuat email agar akunnya dibuatkan orang lain. Saya beritahu kenapa saya melarang orang minta dibuatkan akun email. Ketika orang membuatkan Anda email, berarti dia yang tahu apa username email dan password Anda.


 2.Gunakan Password Yang Gampang Diingat Tapi Susah Ditebak

Ini adalah tips yang selalu ada di setiap situs layanan email, situs berita, dan tips dari para pakar keamanan digital, jadi jangan pernah mengabaikannya. Mayoritas orang menggunakan password '123456', 'asdfasdf', 'qwertyuiop', tanggal lahir mereka, nama panggilan sayang, dan hal-hal lain dalam kehidupan mereka yang sangat jelas di mata orang dan bukanlah hal yang rahasia. 

 3. Jangan Pernah Berikan Alamat Email Anda di Tempat Umum

Tempat umum yang saya maksud adalah Facebook, forum seperti kaskus, box komentar artikel berita, dan tempat-tempat lainnya yang sangat mudah dibaca orang dan ditemukan oleh Google. Hanya berikan alamat email Anda pada orang-orang yang benar-benar penting dan Anda kenal saja, serta berikanlah secara pribadi.

4. Masukkan Nomor Ponsel

Tiga layanan email berbasis web populer, Gmail, Yahoo! dan Outlook, memungkinkan pengguna untuk memasukkan nomor ponsel. Fungsinya selain untuk membuktikan bahwa Anda adalah manusia asli, juga untuk mencegah orang-orang membobol password Anda. Contoh pada Gmail, ketika Anda pertama kali membuat email Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel, tidak berapa lama setelah Anda memasukkan nomor ponsel Anda akan dikirimkan SMS yang berisi kode verifikasi untuk melanjutkan proses pendaftaran.

5. Jangan Pernah Lupakan Alamat Email Alternatif

Kedengarannya sederhana, tapi ini sangat-sangat penting. Sering saya temui orang-orang yang tidak pernah memasukkan alamat email alternatif di dalam pengaturan akun mereka, akibatnya ketika mereka lupa password mereka tidak bisa meminta link reset password karena tidak ada alamat email alternatif yang bisa dikirimkan, apalagi mereka juga lupa jawaban pertanyaan keamanan mereka. Jadi, jangan pernah lupa mengisi alamat email alternatif saat Anda membuat akun email baru. Jika Anda sudah membuat akun email tapi belum memasukkan email alternatif.

Dikutip by http://glauzex.blogspot.co.id/

Visit Our Website www.shelter.co.id




Tidak ada komentar:

Posting Komentar