Translate

Kamis, 27 Agustus 2015

Tips Menjaga Kartu Kredit Agar Selalu Aman

Dikutip by metronews.com

Baru-baru ini, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya berhasil mengungkap modus baru penipuan kartu kredit. Para penjahat menipu korbannya dengan menawarkan "upgrade" batas transaksi kartu kreditnya secara gratis.


Agar akun kartu kredit Anda selalu aman, ada baiknya jika Anda mengikuti beberapa tips berikut ini: 
1. Jangan sekali-kali memberikan nomor kartu kredit kepada orang lain lewat telepon, kecuali jika Anda yang menelepon. Pastikan juga nomor telepon yang Anda hubungi adalah benar sebelum memberikan nomor kartu kredit.

2. Jika ingin membuka akun kartu kredit baru, pilih kartu kredit yang menyediakan fitur keamanan  ekstra, seperti photo ID.

3. Jangan pernah menulis PIN atau nomor kartu kredit Anda di luar amplop yang diberikan oleh penyedia kartu kredit. Simpan baik-baik amplop tersebut.


4. Jangan pernah menandatangani slip kosong kecuali benar-benar dibutuhkan. Hal tersebut akan menghindarkan Anda dari pengurasan kartu kredit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Simpan nota pembayaran setiap kali melakukan transaksi. Cek nota pembayaran tersebut dengan jumlah pembayaran yang harus dibayarkan setiap bulannya. Jika angkanya tidak cocok, segera laporkan ke pihak penyedia kartu kredit.


6. Buat daftar nomor kartu kredit yang Anda miliki beserta tanggal kedaluarsanya. Simpan di tempat yang aman agar Anda dapat memakainya untuk melapor ketika kartu kredit Anda hilang atau dicuri.

7. Bawa kartu kredit secukupnya, terutama ketika bepergian. Dua kartu kredit sudah terbilang cukup untuk menemani Anda bepergian.

8. Jangan sekali-kali meminjamkan kartu kredit Anda ke orang lain, apalagi dalam jangka waktu yang lama.

9. Selalu simpan kartu kredit Anda beserta bukti transaksinya di tempat yang aman. Jangan sekali-kali meletakkannya sembarangan, seperti di atas meja, dan lain-lain. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar