Langsung ke konten utama

TIPS HEMAT BENSIN SAAT MUDIK MENGGUNAKAN MOBIL


 Mudik merupakan salah satu aktivitas yang biasa dilakukan oleh masyarakat

 Indonesia. Biasanya saat mudik masyarakat menggunakan beberapa alat 

transportasi seperti mobil. Berikut kami sampaikan beberpa tips hemat bensin 



1. Menyetir Terlalu Cepat
Semakin Anda menambah kecepatan laju mobil, akan semakin cepat juga bahan bakar yang terbuang. Anda dan keluarga mungkin ingin cepat sampai tujuan, tapi cobalah nikmati kebersamaan dan pemandangan di sisi kanan-kiri jalan. Jika tidak terburu waktu, coba berkendara tidak lebih cepat dari 96 km/jam (di jalan raya).

Saat mulai mengemudikan mobil setelah macet, hindari menginjak pedal gas terlalu kencang. Percepat laju mobil dengan perlahan dan bertahap, cara ini akan menghemat penggunaan bahan bakar hingga 5 persen. Usahakan selalu berada dalam kecepatan yang stabil.

2. Penggunaan AC yang Tidak Tepat
Perlukah menyalakan air conditioner (AC) selama perjalanan? Saran dari para ahli otomotif, itu tergantung dari seberapa cepat Anda melajukan mobil. Mesin mobil biasanya harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkan udara dingin dari AC, dan itu pasti membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Untuk menghemat pengeluaran bensin, matikan AC saat Anda berkendara dengan kecepatan rendah.

Akan lebih baik bila Anda tidak menggunakan AC sama sekali selama perjalanan. Tapi jika kondisinya tidak memungkinkan, nyalakan AC saat di kemacetan atau dalam laju kecepatan tinggi. Satu hal yang perlu diingat, jangan membuka jendela saat AC dinyalakan. Selain tidak baik untuk pertukaran udara, kebiasaan buruk ini bisa membuat AC cepat rusak.

3. Terlalu Banyak Barang Bawaan di Atas Mobil
Kebiasaan para pemudik saat berkendara dengan mobil, adalah menaruh terlalu banyak barang di atasnya. Ternyata, cara ini membuat bensin lebih boros. Barang-barang yang ada di atas mobil meningkatkan tekanan angin, mengurangi aerodinamik pada mobil dan mengikis bahan bakar hingga 5%.

Menempatkan terlalu banyak barang di dalam mobil juga sama borosnya. Barang yang beratnya mendekati kapasitas muatan membuat laju mobil lebih berat, menghabiskan tenaga dan bahan bakar. Untuk itu, kemaslah barang-barang seminimal mungkin. Baca tips praktis mengemas perlengkapan liburan di sini.

4. Memanaskan Mobil Terlalu Lama
Hilangkan kebiasaan memanaskan mesin mobil terlalu lama, jika Anda ingin menghemat bensin selama perjalanan jauh. Memanaskan mesin mobil hanya perlu waktu paling lama 30 detik, bukan 10-15 menit sebelum berangkat. Sebaiknya tidak menyalakan AC saat memanaskan mobil.

5. Terlalu Banyak Berhenti
Saat mudik, memang disarankan untuk berhenti beberapa kali untuk beristirahat. Tapi hindari memberhentikan mobil terlalu sering. Terlalu sering menghidupkan-mematikan mesin mobil, akan membuat bensin lebih cepat habis. Lebih baik menyediakan waktu lebih lama untuk beristirahat selama perjalanan, dari pada sebentar-sebentar berhenti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAFTARAN PELATIHAN GADA PRATAMA DAN GADA MADYA ( JANUARI 2018 )

Memasuki awal tahun 2018 PT Shelter Nusantara  bekerja sama dengant Polda Jatim kkembali menyelenggarakan pelatihan Gada Pratama bagi masyarakat yang berminat dan memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan silakan mendaftarkan diri anda di PT Shelter Nusantara terletaj di Jl Semampir Selatan VA No 18 Surabaya, 031-5925075. Selain pelatihan Gada Pratamwa. PT Shelter Nusantara juga menyelenggarakan pelatihan Gada Madya. Berikut kami cantumkan jadwal pendaftaran, pelaksanaan serta persyaratan pendaftaran

Dibuka pendaftaran GADA PRATAMA :  
18 Desember  2017 - 15 Januari 2018

📆 Pelaksanaan  GADA PRATAMA 17 Januari s/d 31 Januari 2018

💰 BIAYA   GADA PRATAMARp. 4.000.000,-


Dibuka pendaftaran GADA MADYA : 18 Desember 2017 - 18 Januari 2018
Pelaksanaan  GADA MADYA  19 Januari s/d 31 Januari 2018

BIAYA GADA MADYA Rp. 4.500.000,-



 Persyaratan Mengikuti Pelatihan GADA PRATAMA ATAU GADA MADYA
1. Foto Copy KTP
2. Foto Copy KK
3. Foto Copy Ijazah terakhir min SMU sederajat
4. SKCK Polres setempat (terdapat sidik…

PENDAFTARAN PELATIHAN GADA PRATAMA NOVEMBER 2018 PT SHELTER NUSANTARA

DIKLAT SATPAM

Diklat Gada Pratama AKSELERASI XXI NOVEMBER 2018 Sinergi Ditbinmas POLDA Jatim
PENDAFTARAN terakhir : 22 November 2018

TGL PELAKSANAAN :   23 November 2018 s/d 28 November 2018
⛺ TEMPAT PELATIHAN: Balai Produksi Dan Informasi Audio Visual, Jl. Gayung Kebonsari No.50 Surabaya
⛺ BIAYA PELATIHAN : Rp. 4.500.000,-
⛺ PERSYARATAN : 1. Foto Copy KTP 2. Foto Copy KK 3. Foto Copy Ijazah terakhir min SMU sederajat 4. SKCK Polres setempat. 5. Harus ada surat pengantar perusahaan atau surat keterangan pengalaman kerja sebagai satpam
⛺ FASILITAS : Kamar Peserta, Ruang Belajar, Tanda Peserta, Buku dan Alat tulis, Makan dan Minum, Pakaian Olahraga, Pengobatan Ringan.
⛺ TANDA KELULUSAN : Ijazah Gada Pratama Pin Gada Pratama KTA Satpam Skep Lulus & Nilai Akademik

PENDAFTARAN PELATIHAN SATPAM SERTIFIKASI GADA PRATAMA Angk-3/2016 PT SHELTER NUSANTARA

PT Shelter Nusantara awal tahun ini mengadakan pelatihan SATPAM sertifikasi Gada Pratama. Kami membuka pendaftaran bagi masyarakat apabila ingin mengikuti pelatihan SATPAM sertifikasi Gada Pratama. 

PT Shelter Nusantara sinergi dengan Ditbinmas Polda Jatim dalam pelaksanaan pelatihan Gada Pratama. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 5 Januari - 13 Februari 2016. Berikut beberapa persyaratan yang diperlukan saat pendaftaran :
1. WNI
2. Surat keterangan dokter
3. Curriculum Vitae
4. SKCK dari Polres
5.Minimal pendidikan SMA/sederajat
6. Copy ijasaj terakhir
7. Foto 4 x 6 dan 3 x 2 ( 4 lembar )  tanpa topi,dasi dan id card
8. Surat keterangan dari perusahaan ( jika sudah bekerja )
9. Membayar biaya pelatihan sebesar Rp. 3.500.000,-

Fasilitas yang diterima : KonsumsiKamar istirahatPengobatan 

Untuk  perlengkapan  yang dibawa seperti :
Seragam PDL Satpam LengkapPeralatan kebersihan tubuhPakaian olah raga & sepatu sportBorgolTongkat Polri 

Pada saat akhir pelatihan para peserta a…