Translate

Senin, 06 Juli 2015

Tips Agar Karyawan Peduli Keamanan Data Perusahaan

Data merupakan aset yang penting bagi sebuah perusahaan. Agar aset tersebut aman, maka harus dijaga dan dilindungi dengan baik. Langkah awal bisa dimulai dengan memastikan bahwa semua karyawan selalu peduli dengan keamanan komputer dan jaringannya.

Kelihatannya sederhana. Tapi, meski sudah menggunakan teknologi keamanan terbaik di dunia sekalipun tidak akan banyak membantu selama karyawan tidak menguasai tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

Membuat karyawan paham tanggung jawabnya dimulai dengan bagaimana mereka menangani informasi yang penting, termasuk tugas untuk mem-back-up data dan menggunakan teknologi keamanan data.


1. Membiasakan menggunakan password dengan benar

Karena data merupakan aset penting bagi perusahaan, oleh karenanya harus dilindungi. Salah satunya dengan menggunakan password. Agar aman, biasakan karyawan untuk menggunakan password dengan benar. Pilihlah kombinasi password yang unik, ubahlah secara rutin dan jagalahkerahasiaannya.

2. Menggunakan email dengan aman

Karyawan harus tahu bagaimana menggunakan email yang benar dan aman. Jangan membuka pesan atau attachment dari sumber yang tidak jelas. Perintahkan juga untuk menggunakan software penyaring spam untuk mencegah serangan virus, malware atau link-link berbahaya.




3. Back-up pekerjaan

Agar lebih aman, pastikan karyawan untuk selalu mem-back-up semua pekerjaannya, sehingga jika suatu saat terjadi kerusakan atau kehilangan data masih ada penggantinya. Meskipun komputer di kantor sudah diseting untuk back-up otomatis, tidak ada salahnya agar karyawan selalu memastikan bahwa pekerjaan mereka telah ter-back-up dengan baik.

4. Jagalah komputer

Beritahu karyawan apa saja yang bisa mereka instal di komputer kantor dan apa yang tidak. Karena bisa jadi program dari luar dapat membahayakan keamanan komputer dan jaringan di perusahaan.



 
5. Waspadalah dan laporkan

Beritahu karyawan agar sedini mungkin mampu mendeteksi jika ada kerusakan, gangguan ataupun serangan pada jaringan komputer. Tekankan juga agar selalu waspada dan segera memberitahukan atasan atau rekan kerja jika terjadi sesuatu yang mencurigakan pada komputer dan jaringan.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar